6 Persiapan Penting Untuk Bulan Ramadhan Yang Berkualitas

Hanya dalam beberapa hari kedepan kita akan bertemu lagi dengan bulan suci Ramadhan. Siap atau tidak bulan ramadhan akan segera datang, dan beruntunglah orang yang sudah mempersiapkan diri menyambut bulan suci ini. Dengan melakukan persiapan terlebih dahulu akan memberikan hasil yang lebih baik dari tahun kemarin. Lalu apa saja persiapan yang harus dilakukan?

  1. Persiapan Ruhiyah (keimanan)

Persiapan ruhiyah dapat dilakukan dengan memperbanyak ibadah, mengaji, berhenti melakukan maksiat dan serta mulai menjaga pandangan dan pikiran buruk.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita tentang sebuah doa menjelang Ramadhan, yaitu “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan usia kami di bulan Ramadhan”

Melatih pengendalian diri dari sekarang akan membiasakan kita untuk menahan diri dari segala kemaksiatan, sehingga akan memudahkan kita menahan diri ketika menunaikan ibadah selama bulan Ramadhan.

  1. Persiapan Jasmani

Akan sangat disayangkan bila kita tidak bisa memanfaatkan kesempatan mendapatkan pahala berkali-kali lipat di bulan Ramadhan bila kita dalam kondisi sakit atau kurang sehat.

Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal penting dalam mempersiapkan tubuh kita dalam menjalankan ibadah dibulan Ramadhan.Sangat saya anjurkan Anda untuk berolahraga secara rutin serta membiasakan diri dengan puasa sunah.

  1. Persiapan Tsaqafiyah (ilmu)

Banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan pahala secara penuh, melainkan hanya mendapat lapar dan haus. Hal ini terjadi karena puasanya tidak dilandasi dengan ilmu yang cukup.

Maka dari itu kita perlu mempersiapkan ilmu agar mampu memahami tata cara ibadah yang benar sehingga mampu menghasilkan pahala yang berlipat ganda. Persiapan ilmu ini bisa didapat dengan cara membaca atau menghadiri majelis taklim yang membahas tentang Ramadhan.

  1. Persiapan Maaliya (harta)

Persiapan harta yang dimaksud bukanlah persiapan harta untuk puasa dan lebaran saja. Namun persiapan harta diutamakan untuk sedekah,melakukan sedekah di bulan Ramadhan akan mendapatkan ganjaran yang berlipat-lipat.

  1. Mempersiapkan Peningkatan Kualitas Ibadah

Dapat bertemu kembali dengan bulan Ramadhan setiap tahunnya merupakan karunia Allah. Oleh karena itu ibadah di bulan Ramadhan khususnya dari tahun ke tahun harus meningkat. Ibadah Ramadhan yang kita lakukan harus dapat merubah dan memberikan hasil yang positif pada diri kita sendiri.

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS Ar Ra’du 11).

Tingkatkan setiap ibadah di setiap amalan pada bulan Ramadhan. Bentuk peningkatan amal ibadah seperti, peningkatan pemahaman/ilmu tentang ramadhan, peningkatan dalam tilawah Al-Quran, peningkatan kualitas berpuasa, dan peningkatan bersedekah.

  1. Persiapan Lebaran

Momen hari kemenangan selalu menjadi momen yang dinanti oleh setiap umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia momen ini kita sebut dengan lebaran. Melihat akan datangnya bulan suci Ramadhan, selain sibuk mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan, umat muslim juga bersemangat menyiapkan diri menyambut hari lebaran.

Umat muslim di Indonesia memilik tradisi unik dalam ketika hari lebaran tiba. Tradisi yang ada terhitung banyak, seperti mudik, menabuh bedug, takbir keliling, ketupat, halal bi halal, baju baru, ziarah ke makam, dan yang tidak jauh penting adalah THR.

Saya akan menulis artikel khusus tentang tradisi lebaran ini beberapa minggu lagi, jangan sampai terlewatkan.

 

Itulah beberapa hal penting yang harus kita persiapkan dalam menyambut bulan suci Ramdhan, semoga ramadhan kali ini lebih baik dengan persiapan yang matang. Amin, Barokallah.

85 total views, 1 views today

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :