pusaka jawa kuno

7 Pusaka Jawa Kuno Paling Sakti, Pusaka Melegenda Di Tanah Jawa

7 Pusaka Jawa Kuno Paling Sakti, Pusaka Melegenda Di Tanah Jawa Pusaka, memang akan selalu melekat di berbagai wilayah di seluruh dunia ini. Apalagi di jaman dahulu, manakala jaman perang berlangsung. Sebuah pusaka akan menjadi andalan untuk melindungi diri bahkan untuk menyerang musuh agar mendapatkan kemenangan. Terlebih lagi di wilayah tanah Jawa dimana kebudayaan sangat berkembang pesat.

Pastinya pusaka Jawa Kuno akan terus menjadi populer dan terus dilestarikan. Ada sekitar 7 pusaka yang sangat melegenda di tanah Jawa ini. Dalam kesempatan ini akan kami bahas selengkapnya untuk Anda. Yuk simak!

7 Pusaka Jawa Kuno Paling Melegenda dalam Sejarah

Keris Kyai Carubuk

Pusaka Jawa Kuno ini merupakan milik Sunan Kalijaga, yaitu berupa keris bernama Kyai Carubuk. Keris luk (lekuk) 17 ini dibuat oleh sahabat Sunan Kalijaga bernama oleh Empu Supa Mandagri, seorang Pandebesi kenamaan dari Kerajaan Majapahit. Saat pembuatannya konon Sunan Kalijaga hanya menyerahkan bahan mentah berupa besi seukuran biji salak. Dengan keterampilan dan kekuatan kanuragan yang dimiliki Empu Supa Mandagri akhirnya keris tersebut dapat rampung digarap.

Kyai Carubuk ini ditempa dengan bara dari sumber api abadi Merapen di Godong, Kabupaten Grobogan, Jateng. Konon Empu Supa Mandagri membuat Kyai Carubuk ini bukan dengan alat pemukul namun hanya menekan-nekan besi menggunakan jari tangannya.


BACA JUGA :


Keris Kanjeng Kyai Ageng Kopek

Keris ini merupakan pusaka Jawa Kuno paling utama di lingkungan Kraton Yogyakarta. Pusaka ini hanya dipegang oleh Sultan yang tengah bertahta di Kraton Yogyakarta. Keris Kanjeng Kyai Ageng Kopek ini pralambang Sultan sebagai pemimpin rohani dan duniawi.

Tombak Kanjeng Kyai Baru Klinting

Pusaka ini juga berupa tombak bernama Kanjeng Kyai Baru Klinting. Tombak sakti ini pernah dipergunakan seorang abdi dalem kraton bernama Ki Nayadarma untuk menumpas pembrontakan yang dipimpin Adipati Pati Pragola.

Rompi Ontokusumo

Benda ini merupakan sebuah kain berbentuk rompi. Konon rompi ini merupakan peninggalan dari Nabi Muhammad yang diwariskan secara turun temurun dan sampailah ke tangan Sunan Kalijaga. Ontokusumo didapatkan Sunan Kalijaga setelah ia khatam Al Quran pada malam Jumat legi. Saat itu Sunan Kalijaga bersama wali lain tengah berkumpul di Masjid Agung Demak dan tiba-tiba mendapati sepucuk surat yang berisi pesan jika ia akan memperoleh hadiah berupa rompi terbuat dari kulit kambing peninggalan Nabi Muhammad.

Tongkat Kalimasada

Sunan Kalijaga memiliki sebuah tongkat yang selalu setia menemani setiap pengembaraannya. Dari tongkat ini banyak peristiwa di luar nalar terjadi, seperti terciptanya mata air maupun munculnya api dari dalam tanah setelah benda pusaka tersebut ditancapkan ke bumi. Konon tongkat warna hitam milik Sunan Kalijaga berasal dari kayu Kalimasada. Pohon kayu Kalimasada ini berasal dari Pulau Karimunjawa, Jepara, Jateng.

Keris Kanjeng Kyai Joko Piturun

Pusaka Jawa Kuno ini berada pada urutan kedua dunia keris di lingkungan Kraton Yogyakarta. Kanjeng Kyai Joko Piturun akan diberikan kepada putera mahkota Kraton Yogyakarta. Disebut-sebut keris ini pernah dimiliki Sunan Kalijaga yang ditempa oleh pande besi kenamaan di Kerajaan Demak.

Tombak Kanjeng Kyai Pleret

Kanjeng Kyai Pleret merupakan tombak milik Danang Sutowojoyo atau Panembahan Senopati pendiri Kraton Mataram (sekarang menjadi Kraton Yogyakarta). Konon Kanjeng Kyai Pleret ini merupakan sperma dari Syeh Maulana Maghribi. Saat itu Syeh Maulana Maghribi tak sengaja melihat adik perempuan Sunan Kalijaga, Rasa Wulan yang tengah mandi di Sendang Beji.

Sperma Syeh Maulana Maghribi kemudian menetes ke air sendang hingga akhirnya Rasa Wulan menjadi hamil. Tetesan yang lainnya tiba-tiba mengeras dan kemudian berubah wujud menjadi sebuah mata tombak yang kemudian dinamai Kanjeng Kyai Pleret.

Itulah 7 pusaka Jawa paling sakti dan paling melegenda sepanjang sejarah tanah Jawa. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Nah, bagi anda yang ingin mendapatkan pusaka berkhodam, pusaka bertuah dan berenergi spiritual serta supranatural. Maka Anda bisa mendapatkannya dari Kang Masrukhan. Beliau merupakan seorang pakar ilmu spiritual, Guru besar Asosiasi Parapsikologi Nusantara. Untuk mendapatkannya silahkan KLIK DIBAWAH INI!

13 total views, 3 views today

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :