8 Cara Terlupakan Yang Membuat Anda Bersemangat Setiap Harinya

Berawal dari sikap asisten saya yang pada hari ini terlihat tidak begitu bersemangat, saya menjadi ingin membagikan tips ini untuk membuat Anda selalu bersemangat setiap harinya.

Cara membangkitkan kembali semangat untuk kerja, belajar, atau bahkan semangat hidup Anda sebenarnya sangatlah sederhana dan diketahui setiap orang, tapi seringkali terlupakan. Cara ini sudah sering saya terapkan pada teman saya, malahan asisten setia saya ini yang kelupaan belum saya wejang tentang cara bersemangat.

Hari ini saya menemukan asisten saya dalam keadaan lesu dan tidak ada gairah hidup. Wajahnya mendung dan jalannya sempoyongan. Pancaran auranya redup, namun tidak menunjukan adanya penyakit.

Tidak lama saya lalu menemui asisten saya, dan saya beri tips-tips untuk bersemangat setiap hari yang sering terlupakan, seperti berikut :

  1. Bersyukur

Rasa syukur anda terhadap apa yang telah anda capai akan membuat anda terinspirasi untuk mencapai hal yang lebih besar dan membuat anda bersemangat untuk mewujudkannya. Bersyukur dari hal hal kecil dan baik yang telah anda lakukan. Dengan begitu Anda akan selalu bersemangat tiap hari.

saya bilang ke asisten saya “jangan lesu, lihat kemarin waktu kita praktek dijakarta ada banyak sekali klien kita yang bahagia masalahnya terselesaikan. Lihat kebahagiaan mereka, dan jadilah itu alasanmu untuk bersemangat. Tentu semangat itu juga akan membahagiakanmu”

  1. Senyum

Benar sekali, senyum adalah hal kecil yang paling mulia dan mudah dilakukan. Senyum memiliki manfaat yang begitu besar terhadap tubuh kita. Senyum memberikan energi positif terhadap orang-orang yang melakukannya. Sejenuh atau se “bad mood” apapun kamu, senyummu akan menyulap tubuhmu menjadi penuh semangat. Menjadi kekuatanmu untuk mencapai tujuan hidupmu.

Dan tahukah Anda, senyum merupakan keutamaan seorang muslim dan terdapat banyak hikmah dalam senyum.  Rasulullah bersabda “ senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.

  1. Memotivasi diri

Motivasi diri salah satu yang utama dalam membuat kita semangat setiap harinya. Dengan motivasi diri kita mampu menciptakan ledakan semangat yang luar biasa dalam menangkal energi negatif yang membuat kita lesu dan lemah. Setiap orang memiliki tujuan dan passionnya sendiri.

Pikirkanlah tujuan anda dan passion Anda, kemudia beri sugesti pada diri Anda bahwa Anda akan mencapai tujuan itu. Tetap fokus dalam mengejar impian Anda, Anda akan selalu bersemangat dalam menjalani hidup setiap harinya.

  1. Percaya kemampuan diri sendiri

Apabila Anda percaya dengan kemampuan anda sendiri, itu berarti anda selangkah lebih dekat dengan impian Anda. Anda harus percaya dengan kemampuan Anda dengan begitu Anda akan bersemangat untuk mencoba dan seandainya anda gagal, anda tetap percaya diri dalam mengambil pelajaran dari kegagalan itu dan terus bersemangat untuk mencapai impian Anda.

  1. Nikmati Pagimu

Cara yang satu ini saya temukan di situs yang dikelola oleh para dokter. Sederhananya, hanya cukup bangun lebih awal, laksanakan shalat subuh(wajib bagi muslim), nikmati sinar matahari pagi yang manfaatnya sudah anda kenal cukup baik, olahraga ringan, dan sarapan. Tips ini sangat berpengaruh sekali pada tubuh dan hormon kita yang menciptakan suatu energi positif yang membangkitkan semangat kita tiap paginya.

  1. Minum air putih setiap pagi

Hal sepele yang sebenarnya sering dilakukan atau bahkan dilupakan oleh orang adalah minum air putih setiap pagi. Minum air putih setiap pagi memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita, tapi belum tentu mampu membangkitkan semangat. Ada satu cara yang tidak pernah terpikirkan oleh siapapun, namun telah diketahui setiap orang.

Dan cara ini efektif untuk membangkitkan semangat Anda, caranya sangat sederhana. Isi satu gelas dengan air putih,  ucapkan tujuan Anda, impian Anda, keinginan Anda, atau sesuatu yang paling bisa membahagiakan Anda. Kemudian berdoa sejenak dan minum air putih itu.

Air mineral mampu menyimpan kata atau doa Anda. Kekuatan inilah yang akan mengalirkan energi positif berupa doa dan keinginan Anda diseluruh tubuh Anda.

  1. Meditasi

Meditasi adalah cara lain untuk memahami diri Anda sendiri. Tidak seperti intropeksi diri, pemahaman diri melalui meditasi jauh lebih tepat dan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Tujuan dari meditasi adalah melatih pikiran dalam keadaan tenang.

Jika Anda sedang dalam keadaan lesu, lemas, dan tidak ada semangat hidup, meditasi ini salah satu cara yang efektif untuk membangkitkan semangat Anda. Cukup lakukan 3-5 menit pada pagi hari. Duduk bersila, pejamkan mata, tenangkan pikiran Anda, pahami diri Anda, tarik nafas yang dalam lalu hembuskan perlahan. Meditasi ini akan membuat Anda nyaman, relaks, dan santai.

Energi positif yang Anda kumpulkan dari meditasi akan memenuhi tubuh Anda. Kemudian akan mempengaruhi pikiran Anda dan tubuh Anda menjadi lebih semangat dan penuh dengan tujuan hidup.

  1. Cukup Tidur

Anda yang sering disibukkan diri oleh pekerjaan atau hobi seringkali tidak memiliki waktu cukup untuk tidur, sehingga ketika pagi hari badan terasa lemas dan lesu. Rata – rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 – 8 jam.

Tidur yang cukup dapat membuat Anda segar dan bersemangat. Memulihkan kembali tenaga yang terkuras hari kemarin.Tak hanya harus cukup tidur, Anda juga perlu menjaga tidur Anda berkualitas.

 

Itulah beberapa tips yang sering saya sampaikan pada rekan-rekan saya. Terdengar sederhana namun bermakna dan sering terlupakan. Tidak lupa juga untuk selalu berdoa dan beribadah untuk lebih mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Karena semangat hanya memiliki setengah dari persentasi kesuksesan Anda, setengahnya lagi ada pada doa yang selalu Anda panjatkan.

 

Barokallah

 

Jika Artikel ini bermanfaat, silahkan share ke media sosial Anda.

130 total views, 1 views today

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :