Tersinggung dan Cepat Marah, Berikut Ini Cara Agar Tidak Mudah Baper

Tersinggung dan Cepat Marah, Berikut Ini Cara Agar Tidak Mudah Baper – Baper atau bawa perasaan merupakan istilah keren anak muda yang menggambarkan salah satu sifat manusia yang mudah merasa terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya, dapat diartikan pula dengan mudah tersentuh, mudah tersakiti.

Jika baper adalalah bersifat mudah tersakiti dengan ucapan orang lain, itu sangat berdekatan dengan sifat marah dalam ajaran Islam. Sedangkan seperti yang diketahui bahwasanya marah bukanlah sifat yang dianjurkan dalam Islam. Berikut ini cara agar tidak mudah baper, hal ini dimaksudkan supaya terhindar dari sifat amarah yang suatu saat bisa meletup tak terkendali.


Baca Juga :

Doa Agar Hati Tenang Dalam Menghadapi Masalah, Sabar dan Tegar 

5 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Gelisah dalam Islam, Cobalah


Bedakan Hal Candaan dan Hal Serius

Tidak langsung menganggap setiap hal yang kita dengar dan lihat sebagai sesuatu yang serius, anda harus bisa membedakan mana yang serius ataupun candaan. Maka, jadilah pribadi yang bijak dalam menanggapi hal apapun di sekitar kita. Dengan begitu, anda akan terhindar dari sifat pemarah, dimana menimbulkan kerugian bagi diri anda dan orang lain.

Berlapang Dada Menyikapi Keadaan

Berusahalah berlapang dada dan sabar dalam menghadapi apapun, bila dirasa hal yang tak menyenangkan hati. Dan ingat juga, keutamaan sabar dalam Islam akan mendatangkan kebaikan bagi hambanya, Insha Allah.

Pertimbangkan Situasi dan Kondisi

Lihat dan pertimbangkan dalam berbagai situasi apapun di sekitar anda sebelum anda marah. Bila anda marah dalam keadaan yang tidak memungkinkan, maka tidak perlu, lebih baik  atasi masalah tersebut dibandingkan mengedepankan amarah. Sebab marah tidak menyelesaikan masalah.

Tidak Mudah Tersinggung

Tersinggung hanya akan menyiksa diri sendiri. Bila ada orang lain yang membicarakan kita, lebih baik cukup dengarkan dan abaikan. Jika yang dibicarakannya tidak benar, lakukanlah pembelaan guna meluruskan dengan cara baik. Jika benar, lihat dulu apa yang dibicarakannya. Allah SWT. berfirman.

وَلَا تَسۡتَوِي ٱلۡحَسَنَةُ وَلَا ٱلسَّيِّئَةُۚ ٱدۡفَعۡ بِٱلَّتِي هِيَ أَحۡسَنُ فَإِذَا ٱلَّذِي بَيۡنَكَ وَبَيۡنَهُۥ عَدَٰوَةٞ كَأَنَّهُۥ وَلِيٌّ حَمِيمٞ وَمَا يُلَقَّىٰهَآ إِلَّا ٱلَّذِينَ صَبَرُواْ وَمَا يُلَقَّىٰهَآ إِلَّا ٱلَّذِينَ صَبَرُواْ وَمَا 

“Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar” (QS. Fushilat : 34-35)

Daripada terus mengumpat dengan rasa tersinggung, lebih baik mengucapkan ucapan Alhamdulillah atau kalimat dzikir lainnya untuk menenangkan hati, setidaknya hal tersebut bisa menenangkan anda.

Itulah ulasan mengenai cara agar tidak mudah baper dalam Islam. Semoga dapat memberikan manfaat kepada Anda yang membacanya, sekaligus motivasti agar menjadi pribadi yang lebih baik yang memiliki ciri dan sifat orang yang bertaqwa. Aamiin.

INFO PENTING !!! Bagi anda yang ingin mendapatkan sarana spiritual untuk menyelesaikan masalah anda, membuat hati tenang dan bisa mewujudkan segala hajat anda maka silahkan gunakan sarana dari saya berupa TASBIH KAROMAH yang  bisa anda dapatkan di : www.tasbihkaromah.com

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :