Cara Menghilangkan Grogi Yang Sangat Efektif dan Patut Anda Coba

Cara Menghilangkan Grogi Yang Sangat Efektif dan Patut Anda Coba – Grogi atau nervous merupakan hal yang manusiawi dan sulit untuk dihindarkan, apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa tampil di depan umum Khususnya bagi orang memiliki sikap pemalu,

Grogi ini sendiri sudah menjadi sifat bawaan yang melekat dan cenderung sulit dihilangkan. Sehingga ketika tiba dalam keadaan yang penting dan mengharuskan mereka berbicara di depan umum, maka mereka akan merasa sangat khawatir. Jika tidak diatasi segera, maka sifat grogi ini akan dapat menjadi salah satu pemicu dalam kegagalan.

Berikut cara menghilangkan grogi yang sangat efektif dan patut anda coba, sekaligus mengurangi sifat grogi sedikit demi sedikit.


Baca Juga :

Pernah Resah Berlebihan ? 5 Cara Menghilangkan Stres Dalam Islam

Bacaan Dzikir Supaya Hati Tenang Menghadapi Masalah Apapun [MUSTAJAB]


Berdoa

“Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil, Ni’mal Maula Wa Ni’man Nashir”

Artinya : “Cukuplah Allah menjadi Penolong bagi kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung”

“A’udzu bikalimaatillaahi Innallooha qowiyyun ‘aziiz,  Alloohu laa ilaaha illa huwa, wa ‘alalloohi fal yatawakkalill mu’minuun, Laa haula walaa kuwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adhiiim”

Artinya : “Aku berlindung dengan nama-nama Allah, Allah adalah zat yang Maha Kuat lagi maha mengalahkan, tiada Tuhan yang patut disembah melainkan hanya Allah. Dan kepada Allah lah orang-orang mu’min hendaknya bertawakal, ya Allah aku tidak punya daya upaya apapun tanpa pertolongan darimu ya Allah yang Maha Agung. Aamiin ya rabbal ‘alamiin”

“Allohumma inna naja’aluka fii nujuurihim wa na’uudzubika min syuruurihim”

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya kami menjadikan (menyerahkan) pada Engkau leher-leher mereka dan kami berlindung kepadamu dari kejahatan mereka”

“Astaghfirullah Rabbal Barroya. Astaghfirullah Minal Khotoya”

Arti: “Ampunilah Hamba Ya Allah Maha Penerima Taubat. Ampunilah Hamba Ya Allah daripada segala dosa”

Berfikir Positif

Kita biasanya terbebani oleh ketakutan, baik membuat kesalahan, khawatir akan gagal, kecemasan bila melakukan hal konyol dan berbagai bayangan negatif lainnya. Menetralisir hal negatif tersebut ke arah positif dan tidak perlu memikirkan hal-hal yang akan membuatmu takut . Jika kita gagal, maka tidak perlu diratapi secara berlebihan.

Bersikap Tenang

Saat grogi, seakan tidak tenang dan cenderung cepat dalam berbicara, seakan mereka dikejar oleh  sesuatu. Sebenarnya santai bisa menjadi kunci dalam hal ini, dengan cara mengatur nafas dengan baik, tariklah nafas perlahan, karena dengan begitu, grogi bisa ternetralisir dengan cara tersebut.

Fokuskan Pikiran dan Bicara dengan Lantang

Salurkan rasa grogi anda melalui suara anda yang keras dan lantang. Suara keras anda bukan hanya dapat mengatasi kecemasan, namun juga sarana menyalurkan energi tersebut. Namun lantang disini tidak hanya keras, namun juga jelas secara pelafalan dan intonasi.

Kerahkan Energi

Luapkan energi tersebut dan berdirilah dengan sigap. Berjalanlah dengan tegap dan mantap. Hembuskan nafas sejenak sambil berteriak kecil dan turut bertepuk tangan menyambut tepuk tangan dari audiens. Lakukan semua hal dengan sikap tegas. Biarkan energi tersebut mengalir dalam gerakan anda. Maka rasa grogi perlahan memudar, digantikan dengan rasa percaya diri.

Itulah tadi cara menghilangkan grogi yang sangat fektif dan patut anda coba, guna mengurangi rasa grogi anda, semoga bermanfaat.

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :