Sikapi Hal Apapun Secara Bijak, Berikut Ini Cara Menyikapi Takdir Allah

Sikapi Hal Apapun Secara Bijak, Berikut Ini Cara Menyikapi Takdir Allah – Takdir merupakan bentuk kuasa Allah SWT yang wajib diterima dan diimani. Pandangan secara umum, takdir adalah segala sesuatu yang telah terjadi. Takdir dapat terjadi dalam bentuk apapun, baik dalam kehidupan sehari hari, kesehatan dan sebagainya.

Sering kali kita melihat seseorang yang sering murung dan termenung, karena belum bisa menerima takdirnya dan menganggap hidupnya kurang beruntung dibandingkan orang lain, dia menganggap orang lain hidupnya selalu bahagia daripada dia.

Menyinggung seperti kasus diatas, bagaimana cara menyikapi takdir yang baik ataupun buruk dalam kehidupan ? Anda tentunya ingin menyikapi hal apapun dengan bijak bukan, berikut ini cara menyikapi takdir Allah SWT.


Baca Juga :

Cara Rahasia : Doa Yang Dikabulkan oleh Allah Secepatnya

Tetaplah Berusaha, Berikut Doa untuk Mengubah Takdir Jodoh


Cara Menyikapi Takdir Allah

Berfikir Positif

Berfikir positif menjadi salah satu cara menyikapi takdir Allah SWT . Berfikir positif membuat suasana hati menjadi lebih semangat dan mampu dalam mengambil keputusan yang tepat dalam setiap urusan yang dihadapnya. Jika berfikir positif pada Allah, maka Allah juga memberikan hal yang positif pula.

Jauhi Berandai

Cara menyikapi takdir Allah adalah adanya rasa penyesalan atau harapan untuk bisa mengubah takdir yang telah terjadi. Maksudnya disini adalah dengan berandai-andai untuk dapat kembali ke masa lalu dan mengubah peristiwa tersebut agar menerima hasil sesuai yang diinginkan, karena hal ini demikian tidak diperbolehkan dalam agama.

“Janganlah engkau berkata seandainya aku berbuat begini tentu begini dan begitu tentu akan seperti ini dan seperti itu” (HR Muslim)

Mengimani

Keutamaan iman dalam Islam diantaranya beriman pada takdir, karena termasuk dalam rukun iman, tidak sah keimanan seseorang jika tidak menerima takdirKarena dengan percaya takdir tuhan, apapun yang anda alami, anda akan selalu bisa menyikapi takdir apapun secara bijak.

“Tidaklah seorang hamba itu beriman kepada takdir yang baik dan buruk dari Allah, hingga ia mengetahui bahwa apa yang menimpanya bukan karena kesalahnnya dan kesalahannya itu tidaklah akan menimpanya” (HR Tirmidzi)

Mohon Pertolongan Allah

Takdir ialah bagain dari kuasa Allah, untuk menghadapinya sebagai makhluk yang lemah wajib untuk memohon pertolongan Allah agar dapat menjalani dan mengambil keputusan sesuai petunjukNya.

مَّنۡ عَمِلَ صَٰلِحٗا فَلِنَفۡسِهِۦۖ وَمَنۡ أَسَآءَ فَعَلَيۡهَاۗ وَمَا رَبُّكَ بِظَلَّٰمٖ لِّلۡعَبِيدِ 

Artinya : “Barangsiapa yang mengerjakan amal yang saleh maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, maka (dosanya) untuk dirinya sendiri dan sekali-kali tidaklah Rabb-mu menganiaya hamba-hambanya” (QS. Fushshilat : 46)

Mohon Rahmat Allah SWT

Cara menyikapi takdir ialah dengan memohon rahmat Allah agar mendapat hikmah yang  terbaik dan diberi takdir yang lebih baik pula ke depannya. Allah maha pemurah, setiap manusia yang memohon dengan kesungguhan pasti akan dikabulkan.

وَٱكۡتُبۡ لَنَا فِي هَٰذِهِ ٱلدُّنۡيَا حَسَنَةٗ وَفِي ٱلۡأٓخِرَةِ إِنَّا هُدۡنَآ إِلَيۡكَۚ قَالَ عَذَابِيٓ أُصِيبُ بِهِۦ مَنۡ أَشَآءُۖ وَرَحۡمَتِي وَسِعَتۡ كُلَّ شَيۡءٖۚ فَسَأَكۡتُبُهَا لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ وَيُؤۡتُونَ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱلَّذِينَ هُم بِ‍َٔايَٰتِنَا يُؤۡمِنُونَ 

Artinya : Dan tetapkanlah untuk kami kebajikan di dunia ini dan di akhirat; sesungguhnya kami kembali (bertaubat) kepada Engkau. Allah berfirman: “Siksa-Ku akan Kutimpakan kepada siapa yang Aku kehendaki dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami” (QS. Al A’raf : 156)

Percaya

Kita harus percaya dengan sepenuh hati, bahwa Allah memiliki rencana dan yang terbaik untuk semua hamba-hambanya, manusia wajib percaya bahwa Allah SWT. Percaya adalah kunci utama dari ketenangan hati. Percaya akan adanya rencana Allah yang terbaik, maka tidak akan ada rasa khawatir ataupun rasa sedih dalam cara menyikapi takdirnya dan itu merupakan cara yang terbaik dalam meningkatkan akhlak sebagai umat mukmin.

Tawakal

قُل لَّن يُصِيبَنَآ إِلَّا مَا كَتَبَ ٱللَّهُ لَنَا هُوَ مَوۡلَىٰنَاۚ وَعَلَى ٱللَّهِ فَلۡيَتَوَكَّلِ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ

Artinya : “Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal” (QS. At Taubah : 51)

Cara menyikapi takdir Allah adalah dengan bertawakal, yaitu dengan berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi atau menunggu harapan di waktu terbaik yang telah ditentukan olehnya.

Tawakal bukan hanya menyerah dan berdiam diri saja, tetapi wajib disertai dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk mengubah keadaan dialaminya. Jika berusaha baik, maka akan menerima hasil yang baik, jika belum mendapatkan hasil yang diinginkan, tetap wajib terus berusaha dan berdoa.

Itulah tadi cara menyikapi takdir Allah SWT , dengan begitu, insha Allah dalam menjalani kehidupan, anda akan bisa menghadapi hal apapun secara bijak, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :