Doa-Agar-Tidak-Mudah-Ngantuk

Ngantukan? Baca Doa Ini Agar Tidak Mudah Ngantuk

Ngantukan? Baca Doa Ini Agar Tidak Mudah Ngantuk – Allah menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk dengan segala karakteristiknya yang unik. Pernahkah Anda memiliki teman yang mudah sekali tertidur di sembarang tempat? Atau jangan-jangan Anda adalah orangnya?

Tak apa, setiap orang memang diciptakan Allah dengan keunikan masing-masing. Termasuk di dalamnya adalah orang yang mudah terserang kantuk atau bahasa kerennya “Pelor” alias nempel dikit molor.

Biasanya orang yang terkenal dengan image “ngantukan” adalah santri-santri pesantren, hal ini karena waktu mereka digunakan untuk mengkaji kitab pada malam harinya.

hizib-fatihah

Namun ternyata ada pula orang yang memang secara alamiah mudah mengantuk bukan karena ia adalah santri yang kurang tidur. Melainkan karena gangguan kesehatan lain seperti kelainan hormon ataupun kekurangan natrium dan kalsium hingga jet lag yang membuat Anda mudah mengantuk.

Sebenarnya dalam Islam telah disajikan cara terbaik untuk mengatasi mudah mengantuk ini utamanya pada saat jam kerja maupun jam pelajaran. Yaitu melalui doa agar tidak mudah ngantuk. Berikut bacaannya :


BACA JUGA :


Doa agar tidak mudah ngantuk

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ ۗ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ (54)ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ (55)وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِينَ

Arab-Latin : Innaa rabbakumullaahul-ladzi kholaqos-samaawaati wal ardla fii sittati ayyaamin tsummas tawaa ‘alal ‘arsyil-lailan nahaara yathlubuhu khatsitsaw wasy-syamsa wal qomaro wan nujuuma musakhkhorootim bi amrihi. Alaa lahul kholqu wal amru tabaarakallaahu robbul ‘aalamin. Ud’u robbakum tadlorru’aw-wa khufyatan. Innahu laa yuhibbul mu’tadiin. Wa laa tufsidu fil ‘ardli ba’da ishlaakhiha wad’uhu khoufaw-wathoma’an. Inna rokhmatallaahu qoriibum minal mukhsiniin.

Terjemah Arti : “Sesungguhnya Tuhanmu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Cara mengamalkan

Doa ini dapat diamalkan kapan pun Anda merasa kantuk datang menyerang. Dianjurkan pula setelah membaca doa di atas agar menambahkan doa dengan bahasa yang Anda kuasai. Yakni memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari rasa kantuk sehingga menyebabkan tidur di tempat dan waktu yang tidak seharusnya.

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :