Kang Masrukhan Bicara Tentang LDR atau Hubungan Jarak Jauh

hubungan jarak jauh, hubungan ldr

Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cinta LDR atau hubungan jarak jauh. Sebuah hubungan yang terkenal sulit dalam melaluinya dan juga penuh resiko, meskipun cinta tapi akan banyak tantangan menghadang di setiap perjalanan cintanya.

Mengapa saya bahas ini?

Artikel ini saya buat khusus, karena banyaknya pertanyaan yang masuk melalui sms, telepon, whatsapp dan email saya yang berkaitan dengan permasalahan mereka dalam menjalani hubungan LDR. Mulai dari yang masih berpacaran hingga yang sudah bersuami istri atau berumah tangga.

Begini, ada dua tipe pasangan di dunia ini menurut pengalaman saya. Yaitu, pasangan yang senang dengan hubungan jarak jauh atau LDR, dan pasangan jarak dekat atau yang tidak suka LDR.

Tipe pertama, pasangan yang senang dengan hubungan jarak jauh. Pasangan tipe ini merasa kalau mereka sering bertemu dan bersama setiap harinya itu jadi bosan. Apakah mereka saling mencintai? Tentunya ya, mereka saling mencintai dengan tulus. Namun dengan berbagai situasi dan kondisi mereka, mereka malah akan bosan bila selalu bersama. Karena itu, mereka memutuskan untuk berhubungan jarak jauh. Dan tentunya tidak ada selingkuh atau yang lainnya, karena memang itu sudah menjadi komitmen mereka. Mereka percaya jika dengan LDR akan membesarkan rasa rindu dan cinta mereka.

Tipe kedua, adalah pasangan yang tidak suka LDR atau senang bila bersama. Pasangan tipe ini senang sekali untuk selalu bersama. Yah, dengan selalu bersama mereka bisa selalu berdua, bermesraan setiap saat, dan jikalau ada yang sedang tidak enak badan pun bisa saling mengurus. Pasangan tipe ini, percaya dengan terus bersama, mereka bisa menjaga dan menumbuhkan rasa sayang untuk keduanya.

Nah, mengacu pada kedua tipe pasangan ini. Menurut dari hasil pengamatan dan penelitian saya selama ini adalah akan lebih baik bila pasangan yang bukan LDR, pasang yang bisa selalu bertemu dan bersama setiap saat. Atau setidaknya pasangan yang bisa sering bertemu/pulang, atau minimal seminggu sekali bisa bertemu. Jadi tipe yang kedua inilah yang paling baik.

Alasannya sederhana, yaitu karena tidak ada yang bertanya dan berkonsultasi kepada saya mengenai permasalahan cintanya dimana pasangan ini hidup bersama, atau yang sering ketemu. Dan, ada banyak sekali yang tanya dan konsultasi tentang masalah mereka dengan pasangan LDR nya. Sesederhana itu.

Intinya, saran saya adalah menghindari LDR

Supaya hubungan Anda tidak was-was dan tetap harmonis, hindarilah hubungan jarak jauh. Buatlah kesepakatan pada pasangan Anda, misalnya Anda menikah dengan orang luar negeri maka ikutlah bersamanya keluar negeri, atau pasangan Anda yang tinggal di Indonesia.

Mengapa saya tidak menyarankan LDR?

Pertama, hubungan yang tidak jarak jauh itu adalah hubungan yang wajar dan banyak bukti hubungan mereka tetap hangat, harmonis, dan tentunya lebih indah. Apabila ada apa-apa juga mudah mengurusnya. Dan juga bisa saling bergantian mengurus suatu hal. Meski terkadang rasa bosan dan jenuh datang, tapi itu bukanlah masalah besar untuk Anda. Banyak sekali cara untuk mengatasi itu.

Kedua, hubungan LDR itu banyak sekali resikonya. Dalam perjalanannya LDR, akan muncul rasa kesepian dan was-was kepada pasangan, selain rasa bosan dan jenuh. Sehingga menciptakan hubungan yang hambar, getaran cinta berkurang, tidak nyaman dan pikiran negatif mulai menghantui. Yang kemudian akan muncul rasa takut dan keraguan terhadap kesetiaan pasangan Anda.

Dan nyatanya, banyak orang yang menjalani LDR tidak setia. Mengapa? Ya, karena kejenuhan dan kebosanan tidak bisa bertemu, membuatnya ingin bisa nyaman dengan seseorang. Dan bila ternyata ia menemukan dan berkenalan dengan orang lain yang membuatnya nyaman, maka ia akan beralih dengan orang itu. Dan terjadi perselingkuhan. Begitu juga sebaliknya dengan pasangan yang ditinggal LDR. Jadi banyak resiko menjalani LDR.

Untuk itu akan lebih indah bila Anda tidak menjalani hubungan jarak jauh atau LDR.

Kang, gimana kalau sudah terlanjur LDR?

Nah, untuk Anda yang sudah terlanjur menjalani hubungan jarak jauh atau LDR ada dua solusinya

  1. Usahakan untuk bisa bertemu dengan pasangan Anda. Entah itu sebulan sekali, sebulan dua kali, atau kapanpun. Buat komitmen dan jadwal pertemuan Anda.
  2. Bila memang masih tidak bisa bertemu karena suatu hal seperti pekerjaan atau kesibukan lainnya,solusi terakhir adalah dengan melakukan usaha batin atau spiritual.

Usaha batin atau usaha Spiritual

Solusi terakhir untuk Anda yang sudah terlanjur menjalani LDR dan sulit untuk bisa bertemu adalah dengan melakukan usaha batin.

Usaha batin atau spiritual ini berfungsi untuk membantu Anda secara batin agar hubungan Anda tetap terjalin dengan hangat dan harmonis. Karena jarak jauh, maka yang mampu menembus hingga ke dalam batin pasangan Anda adalah usaha batin Anda.

Cara melakukan usaha batin sangatlah banyak, bisa dengan menggunakan Tasbih Karomah, Ilmu Hikmah, Ilmu asmak, atau sarana dan ilmu – ilmu pengasihan.

Meski masih memiliki resiko dari hubungan LDR, Insya Allah dengan usaha batin Anda ini mampu membantu agar cinta, kasih sayang tetap harmonis dan setia.

Untuk yang belum terlanjur, sangat saya sarankan untuk tidak menjalani hubungan jarak jauh. Carilah pasangan yang bisa selalu bertemu.

Sekian penjelasan saya tentang hubungan jarak jauh atau LDR, semoga artikel ini bisa memberikan Anda pencerahan mengenai hubungan LDR dan bisa menjadi solusi untuk Anda yang sedang mengalami masalah dalam menjalani hubungan jarak jauh.

Semoga Anda selalu dalam kasih sayang dengan pasangan yang setia dan bertanggung jawab serta selalu dalam kehangatan dan keharmonisan dalam menjalani hubungan asmara.

Selain saya tuliskan dalam berbentuk artikel, topik hubungan jarak jauh ini juga saya ulas dalam video dibawah ini

375 total views, 1 views today