ilmu laduni

Ilmu Laduni, Landasan dan Cara Mendapatkannya

Ilmu Laduni, Landasannya dan Cara Mendapatkannya – Mungkin sebagian besar masyarakat kita belum begitu mengenal tentang ilmu laduni. Mendengar istilah laduni bisa jadi terasa aneh dan asing di telinga. Ada pula orang-orang yang merasa risih, takut, atau menganggapnya mistis dan menyeramkan. Namun, seperti apa sesunggunya ilmu ini?

Secara ringkas, ilmu laduni adalah sebuah ilmu yang memungkinkan seseorang untuk dapat belajar dan memahami segala fenomena di dunia ini secara cepat tanpa pedoman seorang guru. Artinya, ilmu ini langsung diperoleh dari sisi Allah SWT Al ‘Alim, Al Muta’allim. Tapi, apakah ilmu ini bisa diperoleh semua orang? Apa dasar hukumnya?

Landasan Ilmu Laduni

Sebenarnya ilmu laduni merupakan sebuah potensi yang dimiliki setiap manusia. Artinya, setiap orang diberi ilham oleh Allah SWT dan potensi belajar melalui berbagai jalan. Ada pun landasan keberadaan ilmu laduni ada beberapa, salah satunya adalah ayat berikut.

واتقوا الله ويعلمكم الله

“Bertaqwa lah kepada Allah, niscaya Dia akan memberimu ilmu” (QS. Al-Baqarah: 282).

dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah, kita akan memeroleh ilmu-ilmu baru dalam proses mendekatkan diri kepadaNya.

Selain ayat di atas, ada juga hadits berbunyi

من عمل بما علم ورثه الله علم ما لم يعلم

“Barang siapa yang melakukan amalan dengan ilmu, niscaya Allah akan menganugerahkan kepadanya ilmu yang belum diketahuinya” 

Artinya, siapa pun yang memraktikkan sesuatu berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya, dia akan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang belum pernah ia pelajari sebelumnya.

Sesungguhnya masih banyak landasan tentang ilmu laduni selain yang disebutkan di atas. Namun, dua dalil di atas dirasa sudah cukup mewakili.


BACA JUGA:

Cara Mengobati Orang Kesurupan dengan Tenaga Dalam

Doa Terhindar Dari Ilmu Hitam dan Amalan Yang Bisa Menghancurkannya


Cara Mendapatkan Ilmu Laduni

Mendapatkan ilmu yang satu ini memang tidaklah mudah. Syekh al-‘Allamah, Suhrawardi menjabarkan 11 langkah yang harus ditempuh untuk mengakses ilmu yang “unik” ini.

  1. Al-Muwafiqat: menentang kebatilan, menghindari godaan setan, nafsu, dunia, dan mencintai para kekasih Allah Swt (Waliyyullah)
  2. Al-Mayl: selalu mengingat Allah swt dan menghilangkan “segala sesuatu selain Allah” dari hati
  3. Al-Muwanisat: meninggalkan segala sesuatu dan berfokus mencari ridha Allah.
  4. Al-Mawaddah: selalu taat, tunduk, menyesali dosa, menumbuhkan kasih sayang, dan menjaga hatinya di antara takut dan harap (khouf dan roja’).
  5. Al-Hawa: selalu menjaga ketekunan berjuang melawan dosa dan berusaha melembutkan hati.
  6. Al-Khullah: selalu berusaha agar semua anggota tubuhnya mengingat Allah dan hening dari segala godaan dunia.
  7. Al-Ulfah: mengosongkan diri dari sikap tercela dan terhina, selalu cenderung kepada sikap-sikap terpuji.
  8. Al-Syagf: berusaha menghilangkan kejahatan hati dan selalu berusaha mengingat usaha cinta kepada Allah dengan penuh kesetiaan, dan berlindung di bawah kendali dan kesenangan sektase spiritual (wajd).
  9. Al-Taym: menjadi “budak cinta” Allah dan menenggelamkan diri ke dalam keterpisahan lahiriah (tajrid) dan kesendirian batiniah (tafrid).
  10. Al-Walsyi: selalu bercermin kepada keagungan Allah dan mabuk dalam cinta kepada-Nya.
  11. Isyq: menjaga lidah dan hatinya selalu menyebut dan mengingat nama Allah (berzikir), serta rohnya selalu menyaksikan keagungan Allah.

Demikianlah sekilas wawasan tentang ilmu laduni dan tahapan cara mendapatkannya. Bila Anda tertarik untuk belajar ilmu laduni, Kang Masrukhan seorang pakar spiritual yang profesional dan berlisensi siap membantu Anda. Hubungi admin beliau di 082223338771/085712999772.

Anda dapat belajar langsung dengan beliau dengan cara mengklik gambar berikut ini.

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :