Banyak Faedahnya, Berikut Ini Keutamaan Ikhlas Yang Bisa Anda Rasakan

Banyak Faedahnya, Berikut Ini Keutamaan Ikhlas Yang Bisa Anda Rasakan – Secara bahasa, ikhlas memiliki arti bersih dari sesuatu yang tidak baik. Dalam agama Islam, ikhlas merupakan beribadah murni karena Allah, menyembahnya dan tidak menyekutukannya dengan apapun dan hanya mengharap ridhanya.

Arti lain dari ikhlas adalah membersihkan amalan dari sorotan dan tidak peduli meskipun seluruh penghormatan dan perhargaan hilang dari dirinya. Bersikap biasa saja dan tetap merendah, ketika amal yang dilakukannya diperhatikan orang walaupun perbuatan itu sederhana.

Jika semuanya dilakukan hanya karena Allah SWT, maka dalam segala hal, bukan hanya menjadi rutinitas, tetapi akan mendapat banyak keberkahan, seperti diterimanya amal kebaikan dan bermanfaat bagi semua orang. Berikut ini keutamaan ikhlas yang bisa anda rasakan.


Baca Juga :

Fadhilah Al Ikhlas 1000x Untuk Kekayaan, Doa Pembuka Rezeki Paling Hebat

Mustajab Sekali, 4 Doa Pembuka 12 Pintu Rezeki yang bisa Anda Amalkan


Doa Akan Dikabulkan

Orang yang ikhlas dalam memohon sesuatu karena mengharapkan kebaikan dari Allah SWT. Insha Allah akan mendapat kebaikan (dikabulkan doa nya) sesuai niatnya tersebut.

Mendapat Kelapangan Hati

Keutamaan ikhlas adalah memiliki kelapangan dalam hatinya, dimana merupakan salah satu cara meningkatkan ahlak dan tidak menjadikan dunia sebagai tujuannya.

Mendapat Ketenangan Hati

Orang ikhlas dalam beribadah termasuk golongan orang mukmin, yang akan terhindar dari kegundahan, Allah SWT memberinya ketenangan dan ketentraman, karena hatinya sudah merasa bahagia dengan melakukan amal kebaikan  kepada Allah.

هُوَ ٱلَّذِيٓ أَنزَلَ ٱلسَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ لِيَزۡدَادُوٓاْ إِيمَٰنٗا مَّعَ إِيمَٰنِهِمۡۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِۚ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمٗا

Artinya : “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS Al Fath : 4)

Mendapat Pertolongan Allah

Diterangkan dalam sabda Rasulullah bahwa orang yang ikhlas akan mendapat jaminan pertolongan dari Allah SWT “Sesungguhnya Allah menolong ummat ini dengan orang orang yang lemah dengan doa, shalat, dan keikhlasan mereka”. (HSR Nasa’i 6/45)

Perintah Langsung Dari Allah

Allah memerintahkan kepada hambanya untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas, tidak mengharap imbalan atau hal yang bersifat duniawi. Allah SWT dalam surat Az Zumar ayat 2 menjelaskan :

إِنَّآ أَنزَلۡنَآ إِلَيۡكَ ٱلۡكِتَٰبَ بِٱلۡحَقِّ فَٱعۡبُدِ ٱللَّهَ مُخۡلِصٗا لَّهُ ٱلدِّينَ 

“Sesunguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya” (QS Az Zumar : 2)

Sifat Dasar Nabi dan Rasul

Para Nabi dan Rasul berdakwah dengan ketaatan yang murni dalam menjalankan agama Allah, mereka menerima dan menjalankan segala perintah Allah SWT dengan ikhlas seperti apapun ujian yang diberikan. Sebagai umat muslim selayaknya kita mencontoh sifat ikhlas yang merupakan teladan para nabi tersebut.

Syarat Utama Diterimanya Ibadah

Allah tidak akan menghitung seberapa banyak dan sering hambanya beramal, melainkan dari seberapa besar keihklasannya dalam menjalankan ibadah. Hal ini sudah dijelaskan dalam Al Qur’an Al An’am ayat 162 :

قُلۡ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحۡيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ 

Katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadah ku, hidup ku, dan mati ku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam” (QS Al An’am : 162)

Itulah tadi beberapa keutamaan ikhlas yang bisa anda rasakan, karena dengan ikhlas, insha Allah, dalam menjalani aktifitas apapun akan selalu terlindungi oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :