Penuh Dengan Berkah, Berikut Keutamaan Meminta Maaf Dalam Islam

Penuh Dengan Berkah, Berikut Keutamaan Meminta Maaf Dalam Islam – Memaafkan kesalahan orang lain merupakan suatu hal agak sulit dilakukan bagi sebagian orang, hal ini dirasa wajar, karena mempengaruhi kehidupan kita dalam bersosialisasi dengan orang lain sekaligus menurunkan reputasi orang tersebut.

Namun nabi kita mengatakan kepada umatnya bahwa seorang muslim tidak boleh memutuskan hubungan dengan muslim lain, dengan rentan waktu lebih dari 3 hari, dan memaafkan disini berarti tidak membawa dendam di hati terhadap orang tersebut dan jika anda diberi kesempatan untuk melakukan pembalasan, anda lebih memilih untuk tidak melakukannya.

Nah berikut ini beberapa keutamaan meminta maaf yang perlu anda amalkan dalam Islam, yang bisa anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari.


Baca Juga :

Doamu Tidak Dijabah ? Berikut Ini Alasan Doamu Tidak Dikabulkan

Cara Rahasia : Doa Yang Dikabulkan oleh Allah Secepatnya


Keutamaan Meminta Maaf Dalam Islam

Dicintai Oleh Allah

Ketika anda disibukkan dengan kesalahan yang telah dilakukan orang lain terhadap anda dan itu akan mudah kehilangan fokus dan salah satu cara terindah untuk meminimalisir tersebut adalah lebih dekat kepada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Ada pedagang yang biasa memberi kredit kepada orang. Jika dia menemukan salah satu pelanggannya berada dalam sarana yang diluruskan, dia akan berkata kepada asistennya: “Maafkan mereka hutang mereka, mungkin Allah akan mengampuni kami.”Allah mengampuni dia” [Bukhari / Muslim]

Fokus Mengharap Ridha Allah SWT

Menjadi seorang yang beriman sejati. Difokuskan bukan hanya pada seberapa banyaknya dalam berdoa, Sebaliknya, anda berfokus untuk mendapatkan ridha Allah dan menganggap kesalahan orang terhadap anda tidaklah penting. Dalam surat Ash Shua’ra ayat 37 dijelaskan :

وَٱلَّذِينَ يَجۡتَنِبُونَ كَبَٰٓئِرَ ٱلۡإِثۡمِ وَٱلۡفَوَٰحِشَ وَإِذَا مَا غَضِبُواْ هُمۡ يَغۡفِرُونَ 

Artinya : Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa besar dan perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf  (Surat Ash-Shu’ara 37)

Ketenangan Batin

Apabila kita terus membenci dan tidak memaafkan seseorang, yang ada hanya adalah memupuk kebencian yang akan merusak diri anda sendiri. Kebencian yang dipupuk dari sekecil biji-bijian akan membesar dan ini sangat tidak baik dan tidak disukai oleh Allah SWT.

Mengambil Sebuah Pembelajaran

Dalam mengambil  sebuah langkah untuk belajar dari pengalaman yang menyakitkan, anda seharusnya bisa mencegah dalam melakukan hal yang sama kepada orang lain. Sering kali anda mengutuk apa yang telah anda perbuat, kita terluka karena seseorang telah berbicara di belakang punggung kita, tapi terkadang anda sering mengalami semua pertengkaran tersebut. Namun semua itu bisa dijadikan dalam sebuah pembelajaran hidup.

Pikiran Sehat, Tubuh Sehat

Ketidakmampuan untuk memaafkan seseorang akan mempengaruhi kita secara spiritual dan psikologis. Dan pada tahap selanjutnya akan memiliki efek buruk pada kesehatan anda. Salah satu studi penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berfokus pada dendam pribadi, secara tidak sadar telah meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, serta ketegangan otot dan memiliki perasaan yang semakin kurang terkendali.

Demikian beberapa keutamaan meminta maaf yang perlu anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :