5 Cara Menangkal Ilmu Hitam Dalam Islam, Amalkan dan Praktekkan

5 Cara Menangkal Ilmu Hitam Dalam Islam, Amalkan dan Praktekkan – Ilmu hitam selalu identik dengan sihir ataupun yang berbau mistis lainnya. Padahal seperti yang diketahui, sihir memiliki pengaruh buruk dan jahat, kita  harus berusaha menjaga agar jangan sampai terkena ilmu tersebut. Banyak cara menangkal ilmu hitam tersebut dalam islam, sesuai dengan syariat dan ketentuan pastinya.


Baca Juga :

5 Jenis Tanaman Penangkal Ilmu Hitam Paling Ampuh

Doa Penangkal Ilmu Hitam, Santet, Guna-Guna, Sihir dan Gendam Paling Ampuh


 

Cara Menangkal Ilmu Hitam Dalam Islam

Membaca Al Qur’an

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Janganlah menjadikan rumah-rumah kalian layaknya kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat al Baqarah’. Hadist ini menganjurkan untuk kita perbanyak bacaan Al Quran dan tak lupa menjadikannya sebagai dzikir harian.

Membaca Dzikir Pagi dan Petang

Rasulullah bersabda, ‘Gunakanlah waktu pagi dan waktu sore, serta sebagian waktu malam untuk beribadah’ (HR. Bukhari 39). Dijelaskan oleh Imam Ali Al Qori, bahwa Rasulullah mengajarkan untuk selalu berdzikir setiap pagi dan sore, dimana dua waktu tersebut adalah waktu orang beristirahat dan waktu orang lalai. Sehingga di waktu tersebut butuh banyak perlindungan.

Menjalankan Perintah dan Menjauhi Larangannya

Berdasarkan sabda Nabi Muhammad saw kepasa Ibnu ‘Abbas ra., “Wahai anak, sesungguhnya aku akan mengajarkanmu beberapa kalimat. Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu…”

Menurut Syaih Nazhim Muhammad Sulthan, makna sabda Nabi Muhammad saw adalah jagalah perintahnya, jauhi larangannya dan hukum-hukumnya. Caranya dengan memenuhi apa yang Allah dan Rasul perintahkan. Barang siapa yang menjaga perintahnya, maka Allah akan menjaganya. Penjagaan Allah terhadap hambanya adalah berupa penjagaan terhadap hamba itu sendiri, anak serta keluarga dan hartanya. Tidak hanya itu, Allah juga akan menjaganya terhadap agama dan imannya dari setiap perkara yang menyesatkan.

Berpegang Tauhid

Hendaknya setiap muslim selalu mentauhidkan Allah SWT di setiap keadaan dan selalu bertawakkal kepada Allah. Tidak hanya itu, setiap muslim harus menjauhi perbuatan syirik, apapun bentuknya.

Dalam firman Allah di surat an Nahl ayat 99 hingga 100, “Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaan atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Rabbnya. Sesungguhnya kekuasaan setan hanyalah atas orang-orang yang menjadikannya sebagai pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah”

Syaikh Abdurrahman bin Nashir as Sa’di, ketika menafsirkan ayat di atas, berkata, “Sesungguhnya setan tidak memiliki kekuasaan untuk mempengaruhi (mengalahkan) orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Rabbnya semata, yang tidak ada sekutu bagi-Nya, maka Allah Subhanahu wa Taála akan membela orang-orang mukmin yang bertawakkal kepada-Nya dari setiap kejelekan setan, sehingga tidak ada celah sedikitpun bagi setan untuk mencelakakan mereka”.

Membaca Ayat Kursi

Dianjurkan untuk membaca ayat kursi setiap selesai sholat lima waktu, setelah membaca wirid yang disyariatkan setelah salam. Ayat kursi sebaiknya dibaca sebelum tidur. Dalam hadist Nabi Muhammad disebutkan, ‘Barangsiapa membaca ayat Kursi pada malam hari, Allah senantiasa menjaganya dan setan tidak mendekatinya sampai shubuh’.

Demikian 5 Cara Menangkal Ilmu Hitam Dalam Islam yang perlu diamalkan dan dipraktekkan, semoga bermanfaat.

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :