Patut Anda Coba, Cara Menghindari Amarah Menurut Islam

Patut Anda Coba, Cara Menghindari Amarah Menurut Islam – Setiap manusia memiliki berbagai macam karakter dan sifat, dan salah satu sifat manusia tersebut ialah marah. Marah sendiri mempunyai dampak yang tidak baik bagi pelakunya, bahkan bisa menimbulkan masalah baru di dalamnya.


Baca Juga :

Doa Menghadapi Orang Marah, Emosi Reda Seketika

Cara Menahan Emosi dalam Islam Ajaran Rasulullah SAW


Menghindari Amarah Menurut Hadist

Dalam islam sendiri sudah dijelaskan dalam hadist bahwa dengan menahan amarah, insha allah akan dijanjikan surga kelak. Namun tak perlu khawatir berikut cara terhindar dari amarah menurut Islam yang perlu anda coba.

Cara Menghindari Amarah Menurut Islam

Berwudhu

Salah satu cari yang bisa anda lakukan disini ialah dengan berwudhu, karena seperti yang kita ketahui bersama, marah merupakan salah satu sifat setan, dan cara menangkalnya ialah dengan berwudhu, menahan amarah dengan cara berwudhu terdapat dalam hadist Urwag As-Sadi Radhiyallahu ‘anhu yang berkata :

إِنَّ الْغَضَبَ مِنْ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنْ النَّارِ وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ

Artinya : “Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Shalat Sunnah

Ketika marah, suasana hati, pikiran dan tubuh akan runyam menjadi satu. Namun tak perlu cemas akan hal itu, lakukanlah shalat sunnah seperti dhuha, tahajud ataupun shalat sunnah lainnya, kemudian memohon ampun kepada Allah SWT, insha allah terhindar dari sifat amarahmu yang akan mereda secara perlahan.

Menjaga Posisi Lebih Rendah

Dengan posisi yang lebih tinggi seperti,  menghindari amarah dalam posisi seperti tersebut akan sukar dilakukan, namun akan berbeda bila kita menjaga posisi yang rendah, dengan cara duduk ataupun tidur sejenak. Cerita tersebut diriwayatkan oleh sahabat nabi, Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu dimana beliau memilih mengubah posisi lebih rendah ketika sedang marah.

 

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ قَائِمٌ فَلْيَجْلِسْ، فَإِنْ ذَهَبَ عَنْهُ الْغَضَبُ وَإِلَّا فَلْيَضْطَجِعْ

Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad 21348, Abu Daud 4782 dan perawinya dinilai shahih oleh Syuaib Al-Arnauth).

Berdoa

Mintalah ridho kepada Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang, dengan cara ini, anda bisa terhidar dari sifat amarah anda yang menggebu-gebu.

اَللَّهُمَّ نَسْأَلُكَ كَلِمَةَ الحَقِّ فِي الرِضَا وَالغَضَبِ

Artinya : “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kalimat haq ketika ridha (sedang) dan marah”.

Diam dan Jaga Ucapan

Pada saat kita marah, ucapan yang kita ucapkan menjadi tidak terkendali, bahkan kata-kata umpatan menjadi salah satu yang sering keluar dalam mulut kita. Dengan kita diam, insha allah trik ini ampun guna menahan amarah. Bahkan sebagian ulama berkata bahwa diam merupakan hikmah, namun masih sedikit yang melakukan hal tersebut.

Demikian cara menghindari amarah menurut islam, semoga anda terhindar dari perbuatan tersebut, semoga bermanfaat.

Sebagai tambahan, biasanya orang yang sering memiliki sifat amarah atau sering jadi imbas kemarahan sendiri adalah karena orang tersebut tidak memiliki kewibawaan.

Karena itu, ada sarana agar diri Anda memiliki daya tarik kewibawaan, salah satunya dengan menggunakan CINCIN KECUBUNG persembahan Kang Masrukhan.

Untuk mendapatkan Cincin Kecubung Kewibawaan, Anda dapat mendapatkannya di website resminya. Silahkan KLIK DISINI!

Bisa juga dengan menghubungi admin Kang Masrukhan di 082223338771 atau 085712999772. Info Selengkapnya KLIK BANNER DI BAWAH INI.

 

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :