Mitos Jawa Larangan Keluar Saat Maghrib

Mitos Jawa Larangan Keluar Saat Maghrib – Mitos yang tersebar di seluruh Nusantara ini sangat banyak. Suku Jawa sendiri termasuk yang paling banyak memiliki cerita mitos. Saking banyaknya, ada buku primbon Jawa yang khusus membahas khusus  tentang mitos. Salah satu mitos yang melekat dalam benak orang Jawa adalah mitos larangan keluar saat maghrib.

Teringat akan berbagai cerita menyeramkan orang tua saya mengenai hal ini, membuat saya tertarik menuliskan artikel untuk mitos larangan saat maghrib ini. Didalam mitos jawa ada sebuah larangan keluar saat magrib. Larangan keluar saat magrib sangat gempar dalam masyarakat Jawa dulu. Ketika hari mulai menjelang magrib mereka berbondong-bondong segera memasuki rumah. Mereka menghentikan segala aktivitas diluar rumah dan langsung masuk kedalam rumah.

Mengapa dilarang? Menurut mitos atau cerita orang tua jaman dulu, apabila kita keluar saat maghrib maka akan mendapat sengkolo (kesialan). Para orang tua dulu pun hingga menakuti anak-anak dengan berbagai cerita menyeramkan agar anak-anak tidak keluar rumah, berhenti bermain dan segera masuk kedalam rumah. Cerita –cerita menyeramkan itu seperti bakal ditampar genderuwo, digondol wewe gombel, melihat penampakan hantu, dan lain-lain.

Meski belum terbukti kebenarannya secara ilmiah, namun cerita orang tua tentang larangan keluar saat maghrib tersebut begitu melekat pada anak-anak jaman dulu seperti saya ini. Mitos Jawa Larangan keluar saat maghrib, mitos atau fakta? Mari kita lihat dari sudut pandang logis dan spiritual.

Mitos Larangan keluar Saat maghrib Secara Logis

Kalau kita lihat dari sudut pandang secara logis, tentunya juga tidak baik kita keluar rumah ketika menjelang maghrib. Apalagi anak-anak keluar bermain diwaktu Surup. Karena memang keluar saat maghrib tidaklah pantas, saat maghrib adalah saat dimana matahari mulai terbenam, dan hari mulai gelap. Bila memang keluar untuk tujuan main memang tidaklah bermanfaat, karena waktu main itu baiknya sore hari.

Nah waktu maghrib digunakan untuk mengakhiri aktivitas hari. sehingga orang-orang berbondong-bondong masuk kedalam rumah, mempersiapkan diri untuk beribadah, dan beristirahat hingga malam hari. Kecuali untuk orang-orang yang memang sedang bekerja, sedang dalam perjalanan pulang, atau perjalanan jauh. Namun pada umumnya, secara logis waktu maghrib adalah waktu dimulainya orang istirahat dan mengakhiri aktivitas harian Anda serta persiapan untuk ibadah sholat bagi umat muslim.

Jadi memang tidak sepantasnya keluar saat maghrib, apalagi untuk bermain. Dan akan mendapatkan kesialan apabila dilarang, seperti sakit, terjatuh ketika main karena hari mulai gelap, dan lain-lain.

Mitos Larangan Keluar Saat Maghrib Secara Spiritual

Kalau secara mistis, dipercaya bahwa saat waktu maghrib atau Surup tiba, akan banyak setan dan jin berkeliaran. Dan memang, udara mistis ketika maghrib itu menjadi lebih kuat dari sebelumnya, karena bagi alam ghaib merupakan waktu yang tepat untuk keluar dan beraktivitas. Waktu menjelang magrib merupakan waktu dimana energi spiritual memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, bisa digunakan untuk melakukan suatu ritual. Bahkan adapula orang yang menyantet atau memelet orang hanya di waktu sebelum maghrib.

Begitu juga sebaliknya, waktu menjelang magrib ini bisa juga digunakan untuk pengobatan secara spiritual. Jadi mengobati dengan berdoa kepada Allah, seperti mengobati orang yang diganggu makhluk ghaib, orang yang terkena santet, orang yang terkena pelet, akan lebih ampuh saat menjelang

Nah, bagi umat muslim waktu maghrib ini merupakan waktu yang mustajab. Sudah seharusnya digunakan untuk berdoa, berdzikir, dan persiapan beribadah sholat maghrib. Dan perlu Anda ketahui, ternyata larangan keluar saat maghrib juga ada dalam hadits Nabi SAW.

Dalam kitab sahih muslim dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda

“Janganlah kalian membiarkan anak-anak kalian di saat matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam, sebab setan mulai berpencar jika matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam.”

Dijelaskan juga didalam Sahih Muslim Nabi, beliau bersabda

“Jika sore hari mulai gelap tahanlah bayi kalian sebab iblis mulai bergentayangan pada saat itu, jika sesaat dari malam telah berlalu maka lepaskan mereka, kunci pintu rumah dan sebut nama Allah sebab setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup. Dan tutup rapat tempat air kalian dan sebut nama Allah. Dan tutup tempat makanan kalian dan sebut nama Allah, meskipun kalian mendapatkan sesuatu padanya.”

Orang jaman dahulu seringkali mengajarkan ilmu serta panutan hidup secara turun menurun, dari generasi ke generasi seperti belajar bercocok tanam, budaya, kesenian, agama, serta dongeng dan cerita mitos menjadi sebuah tradisi yang menarik dan berkesan di Indonesia. Karena metode tersebut nyatanya lebih efektif dan mendalam dari teori yang dipelajari disekolah.

Itu penjelasannya mengenai mitos Jawa larangan keluar saat maghrib. Saran saya ya lebih baik jangan keluar rumah ketika menjelang maghrib, kecuali Anda dalam perjalanan atau dalam kondisi sedang bekerja. Dan ketika dalam perjalanan ataupun bekerja, lebih baik Anda beristirahat sejenak ketika menjelang maghrib. Lanjut lagi setelah waktu maghrib usai.

Semoga bermanfaat, dan silahkan share ke media sosial favorit Anda.

Barokallah

Baca Juga : 

Mitos Rumah Tusuk Sate Menurut Adat Jawa, Islam dan Fengshui

5 Benda Pembawa Energi Negatif di Rumah Anda

Inilah 4 Kejutan Membuka Mata Batin

6 Doa Kesembuhan Islam Untuk Segala Penyakit

186 total views, 1 views today

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :