Sering Mengantuk ? Berikut Ini Penyebab Rasa Kantuk Dalam Islam

Sering Mengantuk ? Berikut Ini Penyebab Rasa Kantuk Dalam Islam – Rasa kantuk merupakan salah satu efek yang ditimbulkan akibat kelelahan dan kurangnya istirahat. Manusia harus mengistirahatkan tubuh minimal 6 jam sehari. Kurang dari itu, efeknya bisa berakibat buruk pada tubuh. Kantuk ditandai dengan gejala menguap. Namun, terkadang meskipun sudah beristirahat dengan cukup, rasa kantuk kerap kali datang melanda. Hal ini akan sangat jelas mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebelum anda memutar otak untuk mencari solusi yang tepat, ketahui dulu penyebab sering rasa kantuk itu datang. Berikut ini penyebab rasa kantuk dalam Islam.

hizib-fatihah


Baca Juga :

Ngantukan? Baca Doa Ini Agar Tidak Mudah Ngantuk


Lelah Akibat Bekerja

Pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari tentunya memerlukan banyak tenaga dan menguras pikiran, sehingga energi dalam tubuh kita, suatu saat pasti akan menurun setelah seharian beraktivitas. Timbulnya rasa kantuk merupakan sesuatu yang wajar dan dengan beristirahat yang cukup adalah merupakan solusi yang tepat.

“Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya keterampilan kedua tangannya pada siang hari, maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah” (HR Ahmad)

Tidak perlu berkeluh kesah karena lelah akibat bekerja, karena jika anda melakukannya dengan ikhlas karena Allah, Insha Allah diberikan keberkahan bagi kita.

Terlalu Banyak Makan

Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak dapat meningkatkan kebutuhan insulin dalam tubuh. Sedangkan fungsi pankreas tidak akan mampu memenuhinya. Ini akan berakibat tubuh menjadi kelelahan menahan beban dan timbulah rasa kantuk tersebut.

Dari Miqdam bin Ma’di Karib RA. berkata: Aku mendengar Nabi SAW. bersabda.

مَا مَلَأَ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ ؛ بِحَسْبِ ابْنِ آدَمَ أُكُلَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ ؛ فَإِنْ كَانَ لَا مَحَالَةَ فَثُلُثٌ لِطَعَامِهِ وَثُلُثٌ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ

Artinya : “Tidak ada wadah yang dipenuhi anak Adam yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah anak Adam mengkonsumsi beberapa suap makanan untuk menguatkan tulang rusuknya. Kalau memang tidak ada jalan lain (memakan lebih banyak), maka berikan sepertiga untuk (tempat) makanan, sepertiga untuk (tempat) minuman dan sepertiga untuk (tempat) nafasnya” (HR. Ahmad, Tirmizi dan Ibnu Majah. Dishahihkan oleh Al-Albany dalam kitab shahih Tirmizi, No. 1939

Tubuh Kekurangan Cairan

Setiap harinya tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup, minimal 8 gelas air putih sehari. Air tersebut sangat penting fungsinya bagi tubuh kita. Salah satunya mengembalikan cairan tubuh dan membuatnya siap sedia untuk menjalani aktivitas kembali. Seperti yang tertulis dalam firman berikut ini.

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقاً فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

Artinya : Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. Al Anbiya : 30)

Perhatikan bagaimana cara minum yang baik dan benar seperti yang diriwayatkan dalam hadits berikut ini.

Rasulullah SAW. bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad No. 8135)

Solusi Ketika Merasa Ngantuk

Berikut beberapa solusi ketika rasa kantuk mulai menyerang, sesuai dalam tuntunan Rasulullah SAW.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda :

إِذَا نَعَسَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَلْيَتَحَوَّلْ مِنْ مَجْلِسِهِ ذَلِكَ

Artinya : “Apabila salah seorang di antara kalian mengantuk (di tempat duduknya) pada hari Jum’at, hendaklah ia berpindah dari tempat duduknya itu (ke tempat yang lain)” (HR Tirmidzi)

Kemudian dari Abu Said Al-Khudori RA, Rasulullah SAW bersabda :

“Apabila salah seorang dari kalian menguap, hendaklah menutup mulutnya dengan tangannya karena syetan bisa masuk ke mulutnya.” Juga masih dari Abu Said al-Khudori RA, Rasulullah bersabda: “Apabila salah satu dari kalian menguap saat sholatnya hendaklah dia menahannya sebisa mungkin karena syetan bisa masuk.” (HR. Muslim)

Itulah tadi mengenai penyebab rasa kantuk dalam Islam yang perlu anda ketahui bersama, semoga bermanfaat bagi anda semua.

 

 

 

 

Bagikan informasi ke teman/kerabat melalui :